Inilah salah satu bentuk usaha sederhana yang kami jalankan dengan sistem mudharabah: martabak mini.
Modal yang dicairkan adalah 11 juta rupiah untuk membuka usaha 1 gerobak, dan kami sudah membuka 2 gerobak. Alhamdulillah usaha ini mampu memberi bagi hasil rutin utk pemodal setiap bulan sekitar 1 juta rupiah per gerobak. Mudharib bahkan mendapat bagian lebih besar. Bagi hasil itu sudah dipotong biaya-biaya termasuk gaji karyawan, karena gaji karyawan pun menerapkan sistem bagian prosentase dari omset. Alhamdulillah sampai sekarang usaha ini masih berjalan lancar dan akan dikembangkan terus. Kerjasama usaha tanpa riba insya Allah lebih berkah dan baik hasilnya, selama tetap dijalankan secara amanah dan profesional. Lokasi berjualan ada di Kulonprogo bagian selatan.

https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/q71/s720x720/1394432_747163448632706_2072480418_n.jpg

Peluang Investasi Pengembangan Usaha
Kami sudah membahas dengan manajer kami, insya Allah kami akan membuka pengembangan usaha ini ke beberapa wilayah baru. Untuk tahap awal insya Allah akan menambah 2-3 gerobak. Silakan bagi Anda yang berminat untuk investasi bisa menulis di form komentar. 1 paket investasi usaha martabak mini saat ini senilai 12 juta saja sudah all-in siap jalan insya Allah. Semua dijalankan dengan sistem bagi hasil, 40% hasil bersih untuk investor, 60% nya untuk kami selaku pengelola. Gerobak dan perlengkapannya adalah hak milik investor sekalipun sampai usaha berhenti nanti bisa dijual kepada investor lain (negosiasi sendiri). Dalam investasi, alangkah baiknya dana yang dipakai benar-benar dana untuk investasi, dana menganggur, bukan dana cadangan yang sewaktu-waktu akan diambil. Alasannya, alokasi investasi pada usaha riil tentunya butuh waktu untuk usaha berjalan dan tidak bisa instan dicairkan jika butuh duit, tidak seperti emas yang mudah dijual kapan saja. Tapi insya Allah dengan pengelolaan yang baik, investasi pada sektor riil seperti ini bisa menghasilkan jauh lebih besar daripada sekedar investasi emas, apalagi deposito bank yang kecil dan riba/haram.
Sebagai gambaran dari usaha yang sudah berjalan (laporan bulan Okteober 2013):
1. lokasi Jombokan KP, buka 22 hari, omset 7 jutaan, laba 3 jutaan.
2. lokasi Lendah KP, buka 20 hari, omset 4 jutaan, laba 1,3 juta.
Dari laba ini dibagi antara pengelola dan investor. Bisa dibandingkan dengan bunga deposito…(sudah kecil, riba haram lagi…)
Omset di atas qadarullah pas bulan lalu tidak bisa buka penuh berhubung karyawan sempat sakit dan ada yang keperluan mendadak keluar kota. Bisa diperkirakan jika buka tiap hari insya Allah hasilnya bisa lebih banyak. Karena karyawan pun digaji dengan sistem prosentase omset, maka jika karyawan tidak masuk maka juga tidak dapat bagi hasil, tapi jika rajin masuk dan laris maka karyawan juga mendapat hasil yang besar.

Bagi calon investor harap diperhatikan, bahwa sistem bagi hasil itu tergantung hasil usaha, jika sepi maka hasil sedikit, jika ramai maka hasil besar, semua akan kami laporkan apa adanya. Tim kami insya Allah bekerja keras untuk hasil yang terbaik, karena penghasilan tim kami juga dari bagi hasil usaha ini. Mulai dari pemilihan lokasi jualan, pencarian dan penyiapan tenaga kerja, pelayanan pelanggan, pengadaan bahan baku, semua kami siapkan dan laksanakan dengan sebaik-baiknya insya Allah. Modal anda 12 juta itu tidak ada untuk royalti fee, tapi sebagian besar dialokasi utk pengadaan sarana fisik gerobak dan perlengkapan, yang nilai penyusutannya relatif kecil, sehingga resiko kerugian insya Allah rendah. Contohnya, salah satu gerobak kami bulan lalu sempat ditawar 10 juta, padahal kami membelinya 10 juta pada setengah tahun lalu, dan sekian bulan sudah menghasilkan profit sekian juta rupiah.
Baik, bagi yang berminat dan untuk penjelasan lebih lanjut silakan tulis di form komentar disertai email, atau hubungi kami di 085729231531.

10 Comments

  • slamet harianto says:

    Asslam, sy tertarik bisnis martabak ini, mohon info lebih lanjutnya, lokasi saya di Samarinda – Kalimantan Timur, apakah bisa dibuka disana?

  • Hendri Dwi Selamet says:

    Assalam Mualaikum Wr. Wb..
    Saya mau tanya bagaimana kabar usahanya? apakah lancar?
    Lokasi saya di Samarinda seberang.

    • admin says:

      wa’alaykumussalaam,
      alhamdulillah lancar, bagi hasil rutin tiap bulannya mendapat profit setara sekitar 7%

  • muhammad reza zulkarnain says:

    hanya masukan saja kenapa gak mencoba usaha umbi jalar merah dan ungu juga jamur tiram karena prospeknya menjanjikan dimana umbi jalar merah dan ungu juga jamur tiram kalau diolah menjadi makanan yang menyehatkan dan menguntungkan karena usaha ini belum banyak peminatnya

  • muhammad reza zulkarnain says:

    bahkan umbi jalar merah dan ungu juga jamur tiram bisa diolah menjadi bahan dasar pembuatan martabak, donat dll

  • Muhammad Giri Farras Syah says:

    Assalamualaikum, saya tinggal di daerah cibubur, apabisa buka disini? saya tertarik dengan bisnis martabak mini, dan apabila bisa, maka bisa kita ngobrol langsung?

  • Andriydi says:

    Assalamu’alaikum,
    sya mau tnya, bagi hasilnya sampai berapa bulan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *